top of page

1 SEMESTER BERSAMA SBD APA YANG DI DAPAT????

Assalamualaikum...

Back again with me, sudah cukup lama tidak posting tulisan disini, ya mungking memang karena tidak ada tugas lain yang mengharuskan hehe. kali ini saya akan sharing mengenai pengalaman saya 1 semester ini mendalalami sebuah matkul SBD atau bisa disebut sebagai Sistem Basis Data kedua, karena yang pertama sudah dong. jadi ilmu apa saja yang saya dapat??? apakah berguna dalam kehidupan saya??


ngomong-ngomong tentang ilmu , disemester ini sebenarnya saya mempelajari berbagai macam ilmu sampai ilmu kesabaranpun harus diuji disini ahaha, lanjut fokus. saya akan menampilkan beberapa konsep atau materi yang dikhususkan untuk diposting ditulisan ini kenapa begitu?? karena untuk nilai dong, ini bercanda tentunya pasti ada maksud dan tujuan dari dosen mudah-mudahan tersampaikan kepada saya ,yuk langsung saja.


1. Enchaned Entity Relationship (EER)

Model Entity Relationship (ER) sendiri adalah sebuah model yang menggambarkan hubunan antara entitas satu dengan entitas lainnya dimana tiap-tiap entitas memilki atribut masing-masing sehingga membentuk suatu Relationship. lalu apa bedanya EER dengan ER ???, yang membedakan EER dengan ER adalah dalam konsep EER terdapat pengelompokan kelas baik dalam generalization, specialization, maupun categorization. untuk mudahnya saya telah membuat sebuah gambaran konsep dari EER seperti dibawah ini.



2. Design Database Mungkin kalian juga memiliki pemikiran yang sama, ketika kita ingin membuat sebuah sistem basis data hal yang terpikirkan pertama kali adalah "Merancang" atau membuat rancangan, lalu bagaimana sih proses atau alur membuat rancangan sistem basis data itu, mungkin gambaran dibawah akan membantu kalian.


3. Database Terdistribusi

Sistem basis data terdistribusi??? maksudnya apaa?? ha?? jadi gini, "Sistem basis data terdistribusi adalah suatu sistem basis data, yang memungkinkan setiap data yang terdapat dalam database dapat terdistribusikan dan juga ditransmisikan ke berbagai lokasi-lokasi user yang sudah ditentukan sebelumnya" -dosenit. Tentunya semua data tersebut dapat terhubung dikarenakan adanya sebuah jaringan yang menghubungkan perangkat-perangkat tersebut. Untuk lebih mudahnya kita lihat gambaran dibawah ini.


4. Security DB

Mengenai kemanan, ngomong-ngomong masalah keuangan kalian sudah aman belum??? haha. Tentunya bisa sayang bilang sudah pasti aman karena rezeki sudah diatur dengan kadar masing-masing dan pasti tidak akan tertukar. tinggal bagaimana kita mensyukuri rezeki yang diberikan tersebut. Dah lanjoot...

Berbeda dengan rezeki yang telah dijamin kemanannya , database yang kita buat belum tentu aman dilihat dari bagaimana cara kita memberikan perlakuan kepada database tersebut baik dalam hal perangkat keras, perangkat lunak, dan data. tujuannya apasih ?? Tujuan dari Keamanan database antara lain ; Secrecy/Confidentiality , integrity , Availability . kalian cari sendiri apamaksudnya. Secara garis besar keamanan database akan dikategorikan seperti gambar dibawah ini.

5. Hasil Presentasi (i-mobel)

Ga kerasa kita sudah masuk kesegmen akhir, dah kayak tipi. dibawah ini merupakan sebuah karya dari kelompok saya dalam pembuatan atau perancangan sistem basis data dari sebuah aplikasi yang bernama "i-mobel" keren beuds.

Reflektif

Kesimpulan atau keuntungan yang saya dapat dari mempelajari ke-empat materi diatas, hmmm apa ya??

tentu saja yang pertama, saya bisa membuat sebuah rancangan database dari sebuah aplikasi seperti yang terlihat dari hasil presentasi aplikasi i-mobel.

yang kedua, saya mengetahui konsep dasar yang mungkin kelak kedepannya akan digunakan didunia kerja nanti.

yang ketiga, saya bisa memberikan sedikit ilmu tentang apa yang sudah saya ketahui seperti tulisan ini.

yang keempat, saya juga dapat mempraktekan semua konsep yang sudah saya ketahui dalam pengimplementasiannya di kehidupan sehari-hari.

lalu adakah kerugiannya??

didalam kamus saya dalam mencari ilmu itu tidak ada yang namanya kerugian , yang ada kita rugi bila tidak berusaha mencari ilmu (tentunya untuk setiap ilmu yang positive), dan kita juga rugi bilamana kita mempraktekan ilmu yang kita miliki secara negative. Intinya kembali kepada pribadi masing-masing, karena sesungguhnya "ilmu" itu tidak bersalah yang bersalah hanyalah "manusia" yang belum mengetahui kapasistasnya masing-masing. azekk.


Mungkin sebatas ini yang bisa share , saya mohon maaf bila ada tulisan yang kurang tepat dan kurang berkenan dengan para pembaca, dan juga saya ingin berterimakasih kepada dosen SBD 2 saya yang telah membimbing saya selama satu semester ini. Wassalamualaikum..


Tertulis,

Nama : Hutomo Try Wibowo

NPM : 53416331





























Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page